Select Page

Bekerja dari Rumah

Merebaknya wabah COVID19 memaksa banyak perusahaan untuk “merumahkan pekerjaan” bagi sebagian atau bahkan seluruh karyawan. Cara berkomunikasi, merencanakan, mengeksekusi, dan juga melaporkan pekerjaan akan sepenuhnya mengandalkan teknologi telekomunikasi dan digital.

Anda dan team perlu merancang cara bekerja baru dengan kondisi baru dimana semua team tidak berada di tempat yang sama. Cara kerja baru ini harus dirancang agar dapat dilakukan secara efisien dengan pencapaian dan hasil yang kurang lebih sama jika dibandingkan dengan saat semuanya dikerjakan di kantor. Tidak mudah dan butuh waktu, bahkan hampir pasti harus disesuaikan terus-menerus sesuai dengan situasi dan kondisi yang juga berubah secara dinamis.

 

Komunikasi Era Jaga Jarak

Di era jaga jarak ini, jika biasanya Anda bisa datang ke meja kerja team Anda dan bertatap muka langsung dalam berkomunikasi selama di kantor, kini karena terpisah jarak maka Anda harus mengandalkan telepon atau messenger seperti WhatsApp, Telegram, atau tentunya e-mail untuk berkomunikasi dengan team Anda. Beberapa percakapan dapat dilakukan secara langsung (synchronous), tapi beberapa yang lain mau tidak mau harus dilakukan secara tidak langsung dengan respon yang akan terpaut waktu (asynchronous).
Well … Anda akan butuh penyesuaian jika Anda adalah type orang yang lebih suka dan menikmati jenis komunikasi synchronous 🙂

 

Meeting atau Sekedar Ngobrol

Meeting mingguan atau bulanan seperti yang biasanya dijadwalkan tentu harus tetap berjalan. Bedanya adalah bahwa Anda tidak berada di tempat yang sama sehingga harus menggunakan teknologi digital.

Diluar meeting, perlu dipertimbangkan untuk melakukan video conference bersama team untuk sekedar menyapa, mereplikasi kebersamaan Anda dan team, sambil mengobati kangen 🙂 Seringkali dari sekedar obrolan, muncul ide-ide cemerlang.
Mungkin mengajak anak-anak atau hewan peliharaan untuk ikut dalam sesi video conference santai tersebut bisa jadi semakin mempererat kebersamaan.

 

Buat Jadwal dan To-do List Harian

Jika Anda dalam posisi untuk memastikan kinerja team, maka tentunya Anda ingin agar semua anggota team dapat bekerja secara maksimal tanpa pengawasan langsung. Untuk itu team Anda harus membuat To do list dalam periode tertentu, menetapkan target, deadline, dan tentu saja melakukan penjadwalan. Membuat kalender bersama dengan team Anda yang bisa dilihat bersama-sama bisa jadi cara yang efektif untuk mengelola pekerjaan.

 

Solusi Komunikasi dan Kolaborasi dari Rumahweb

Flockmail – Email Bisnis & Video Conference

Flockmail adalah layanan email bisnis dengan kapasitas besar mulai 10GB yang juga dilengkapi dengan fitur video conference, calendar, dan contact management dengan harga mulai Rp. 14.900/bulan. Dengan FlockMail, Anda tidak hanya dapat menggelar e-meeting dengan team saja, Anda juga dapat melangsungkan video conference bersama dengan pelanggan. Paling ekonomis jika dibandingkan dengan solusi lain.
Detail »

Google Suite

Solusi email dan kolaborasi dari Google ini benar-benar lengkap. Mulai dari email, kalender, video conference, online storage, sampai dengan aplikasi Google Docs. Tersedia juga paket dengan storage unlimited dengan harga mulai Rp. 80.000/bulan.
Detail »

Alibaba Mail

Alibaba Mail menawarkan email, drive, calendar dan task management dengan kapasitas yang luar biasa besar namun dengan harga yang murah yakni mulai Rp. 29.900 untuk kapasitas 100GB dan Rp. 39.900 untuk 1TB. Dengan keunggulan storage yang super besar, solusi email dan kolaborasi kerja dari Alibaba Cloud ini layak dipertimbangkan.
Detail »

Web Hosting

Web hosting di Rumahweb dilengkapi dengan fitur email. Selain itu Anda juga bisa menggunakan hosting untuk mempublikasikan website profil perusahaan atau bahkan website e-commerce yang tentu saja menjadi andalan semua perusahaan di era jaga jarak ini agar tetap dapat bertahan bahkan berkembang.
Detail »  

 

Tantangan Non Teknis

Meski rumah adalah salah satu tempat yang paling nyaman termasuk untuk bekerja, membangun mood untuk bekerja di rumah ternyata bagi sebagian orang tidaklah mudah. Biasanya kita terbiasa untuk dapat langsung fokus seketika kita memasuki ruang kantor, namun di rumah Anda harus “berdamai” dengan distraksi lain seperti anak-anak yang juga harus menjalani belajar di rumah, hewan peliharaan, godaan untuk memuaskan hobi berkebun, atau mencoba resep-resep masakan baru.

Bekerja di rumah juga butuh kedisiplinan soal waktu, jika tidak disiplin bisa jadi Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dan hal ini justru dalam jangka panjang akan menurunkan produktivitas karena kelelahan dan stress. Perlu diingat, kita semua harus benar-benar menjaga kesehatan, salah satunya dengan hidup secara seimbang.
Selamat bekerja di rumah! Stay productive! #dirumahaja #dirumahwebaja