Select Page

Belanja dari Rumah

Mengurangi bepergian dan bertemu orang lain membuat kebiasaan belanja konsumen menjadi berubah. Jika sebelumnya belanja online hanya dilakukan untuk barang-barang kebutuhan non-primer juga untuk barang yang tidak dapat ditemukan di vendor lokal, kini bahkan untuk belanja kebutuhan primer yang biasanya dibeli secara langsung (offline) menjadi berlangsung secara online.

Telah banyak cerita kita dengar bahwa para pedagang di pasar tradisional mulai menerima pemesanan melalui WhatsApp dan mengantarkan belanjaannya ke rumah para ibu yang kini harus melakukan jaga jarak sehingga menghindari pergi ke pasar. Inilah transformasi yang meski mungkin sepele namun cerdas. Inilah saatnya pelaku bisnis harus betransformasi, merubah cara kerja, cara menjual, dan cara melayani konsumen, demi kelangsungan bisnis.

 

Konsumen Mencari Anda di Internet, Bisnis Anda harus Hadir di Internet

Konsumen akan lebih mengandalkan internet untuk mencari apa saja yang dibutuhkannya. Tentunya menjadi sangat penting bagi pelaku bisnis untuk “hadir” dan bisa ditemukan di internet agar dapat muncul dalam radar pencarian konsumen. Banyak cara yang dapat ditempuh, berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk bisa hadir dan ditemukan di internet:

1. Mendaftarkan Bisnis Anda di Google
Google adalah mesin pencari paling populer dimana jutaan orang di seluruh dunia menggunakannya untuk mencari barang dan jasa yang mereka butuhkan. Mendaftar di Google berarti Anda telah membuat bisnis Anda dapat dicari dan ditemukan di dunia maya. Anda dapat mendaftarkan bisnis di Google melalui Google Business.

2. Membuat Akun Media Sosial
Salah satu cara paling mudah untuk menampilkan profil usaha di internet adalah dengan membuat akun media sosial. Di media sosial, Anda dapat membuat profil bisnis, memposting untuk menawarkan produk dan jasa, dan juga memposting konten-konten yang menarik bagi calon pelanggan Anda.

3. Membuat Akun Marketplace
Anda dapat menawarkan dan menjual produk ke seluruh Indonesia dengan memanfaatkan marketplace lokal seperti seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dll. Anda juga dapat memanfaatkan marketplace internasional seperti Ebay untuk menjual produk ke seluruh dunia.

 

Tampil Lebih Profesional dan Terpercaya

Minimnya kesempatan untuk bertatap muka langsung dengan konsumen atau calon konsumen, membuat Anda harus memperkuat citra profesional agar tampil lebih bonafid dimata konsumen. Berikut adalah beberapa langkah lanjutan setelah setidaknya Anda “hadir” di internet menggunakan Google Business dan media sosial:1. Mendaftarkan Nama Domain
Penting bagi bisnis untuk memiliki nama domain yang bisa digunakan untuk alamat website dan email. Mendaftarkan nama domain berarti Anda melindungi brand dan sekaligus menyiapkan bisnis Anda untuk terbang lebih tinggi. Dengan memiliki domain, maka tahap selanjutnya Anda dapat mulai membangun website yang tentunya akan semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan dibandingkan sekedar berjualan di media sosial dan marketplace.
Jika Anda belum memiliki waktu dan budget untuk membuat website, domain ini untuk sementara dapat diarahkan ke akun media sosial atau lapak marketplace Anda, membuatnya menjadi website sementara Anda.
Anda dapat mendaftarkan nama domain di Rumahweb melalui tautan ini»

2. Membuat Email dengan Nama Domain Sendiri
Konsumen tentu akan lebih percaya pada bisnis yang dalam berkomunikasi menggunakan email nama@namabisnis.com dibanding menggunakan nama@gmail.com. Setelah memiliki domain sendiri, Anda dapat menggunakan domain tersebut untuk membuat email profesional dengan nama domain bisnis Anda. Rumahweb menyediakan layanan email yang sangat terjangkau mulai Rp. 14.900/bulan yang sudah dilengkapi pula dengan fitur video conference yang tentunya akan lebih meningkatkan kepercayaan konsumen Anda. Jadi selain berkomunikasi menggunakan email profesional, Anda juga dapat mengundang konsumen Anda untuk melakukan video conference dan lebih mudah menjelaskan tentang produk atau layanan Anda tanpa terkendala jarak dan waktu lagi.
Silahkan klik disini untuk layanan email bisnis dan video conference dari Rumahweb»

3. Membuat Website untuk Bisnis Anda
Bisnis yang memiliki website sendiri akan jauh lebih dipercaya. Dengan memiliki website, Anda dapat menampilkan produk atau layanan secara lebih mendetail dibandingkan jika menggunakan media sosial. Bahkan jika Anda membangun sebuah website e-commerce atau toko online, konsumen Anda dapat membeli produk Anda secara online.
Rumahweb menyediakan layanan web hosting yang dilengkapi dengan fitur website builder yang memudahkan Anda untuk membuat website sendiri tanpa perlu pengetahuan teknis. Jika Anda tak punya waktu untuk membuat website sendiri, Rumahweb juga menyediakan jasa pembuatan website hanya seharga Rp. 99.000 saja. Silahkan klik di sini untuk informasi detailnya.