Select Page

COVID19 memaksa kita memasuki era baru

Era Jaga Jarak

Tak tahu kapan wabah COVID19 akan berakhir, tidak ada seorangpun yang dapat memprediksinya dengan pasti. Segera beradaptasi dan lakukan tranformasi digital.
Apapun bisnis Anda, Go Online sekarang juga!

Perubahan di Era Jaga Jarak

“Jaga Jarak” sementara ini menjadi solusi untuk menekan laju penularan COVID19, namun hal ini akan memberi banyak batasan, mengurangi kebebasan mobilitas, dan merubah cara hidup kita tanpa pernah kita bayangkan sebelumnya.

Menghindari Bepergian / Traveling

Salah satu penyebab penyebaran virus adalah mobilitas manusia, oleh karena itu mobilitas manusia menjadi sangat dibatasi. Masing-masing wilayah baik itu negara, propinsi, bahkan kota menerapkan aturan untuk membatasi orang keluar dan masuk dan aturan ini akan selalu ditinjau kembali mengikuti perkembangan situasi.

Menghindari Pertemuan

Social dan physical distancing memaksa kita untuk menghindari pertemuan antar orang seperti meeting, belajar di kelas, dan berbagai bentuk pertemuan lain.
Menjalani hubungan sosial dalam pekerjaan, pertemanan, atau kekeluargaan melalui teknologi digital menjadi pilihan yang paling rasional.

Kesehatan jadi Perhatian Utama

Kesehatan akan menjadi prioritas utama semua orang. Perilaku orang untuk menjaga kesehatan akan lebih kuat daripada yang dilakukan selama ini. Mulai dari sekedar lebih sering cuci tangan, makan makanan yang lebih sehat, olahraga, dan gaya hidup lain yang dianggap semakin menunjang kesehatan.

Rumah menjadi Pusat Segalanya

Jaga Jarak menuntut kita untuk lebih banyak tinggal dan melakukan aktivitas dari rumah.

Bekerja dari Rumah

Bekerja dari rumah akan menjadi “normal baru”. Cara berkomunikasi, merencanakan, mengeksekusi, dan juga melaporkan tugas-tugas akan sepenuhnya mengandalkan teknologi digital. Anda dan team perlu merancang cara kerja baru dan terus menerus melakukan penyesuaian terhadap cara kerja baru tersebut.

Anda juga perlu menyiapkan hal-hal yang bisa dengan cepat menaikkan “mood bekerja” Anda yang biasanya dengan mudah terbangun pada saat Anda mulai memasuki ruang kantor dan menghadapi meja kerja. Juga sebisa mungkin mengakali hal-hal yang berpotensi menjadi distraksi ketika bekerja di rumah, anak-anak misalnya 🙂

Belanja dari Rumah

Batasan untuk bepergian dan bertemu di tempat umum akan mengubah perilaku kita dalam hal berbelanja. Jika dulunya belanja online hanya dilakukan untuk barang-barang yang tidak tersedia pada vendor terdekat, pada “Era Jaga Jarak” sebagian besar proses jual-beli akan dilakukan secara online. Mulai dari sekedar kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan kantor.

Maka mutlak bagi pelaku bisnis untuk memiliki online presence meski bentuknya sangat simpel.

Belajar dari Rumah

Belajar di rumah berarti memindahkan proses belajar mengajar sepenuhnya di rumah. Kelas akan menjadi online, pemberian tugas, dan pengujian hasil belajar akan sepenuhnya dilakukan secara remote.

Ini menjadi sebuah tantangan besar bagi pengajar karena harus mengajar dengan metode yang sama sekali berbeda, menyiapkan materi yang bisa disampaikan tanpa tatap muka, dan memberikan penilaian terhadap penguasaan siswa secara lebih cerdas.

#TetapBergerak walau harus #JagaJarak

Menyerah bukanlah pilihan. Mari saling menginspirasi dan berbagi ide
agar #TetapBergerak meski jalan menanjak!

Paket Isolasi Mandiri di Hotel

Hotel dapat menawarkan paket isolasi mandiri dengan fasilitas kamar yang higienis, makanan sehat, dan pelayanan berstandard higienis tinggi
@yusufnurrachman

Penjual di Pasar Tradisional

Di berbagai pasar tradisional, para penjual telah memanfaatkan WA untuk menerima order pesanan dan mengantarkan barangnya langsung ke rumah pelanggan – 
@sandalian

Barber Keliling

Jasa pangkas rambut yg sedianya bertempat di barbershop dpt bertransformasi jadi pangkas rambut di tempat. Tentunya dg tetap mempertimbangkan aspek kesehatan -@dhaniarmustikaratu

Katering Makanan Sehat

Bagi orang/keluarga yang tidak biasa memasak, katering makanan sehat bisa solusi agar tdk perlu keluar rumah utk membeli makan
@yusufnurrachman

Laundry Antar Jemput

Laundry yang menyediakan antar jemput cucian
@sandalian

Cuci Mobil di Tempat

Jasa cuci mobil dapat menawarkan cuci mobil di rumah pelanggan sendiri – 
@dhaniarmustikaratu

Punya Ide agar #TetapBergerak
meski harus #JagaJarak?

Bagikan ide Anda disini agar dapat menginspirasi perubahan bagi banyak orang. Rumahweb akan memberikan hadiah menarik setiap minggunya untuk ide-ide keren Anda.